SELAMAT DATANG TO MY
Rumah karya moh. ghufron cholid, anda bisa bertamasya sambil membaca semua karya dan bisa mengomentarinya dengan penuh perenungan dan berdasar selera masing-masing. Jangan lupa ngisi data kehadiran.Ok!

Senin, 08 November 2010

DUNIA IBU YANG PENUH TEKA-TEKI (SELAMAT MEMBACA DAN MENGAPRESIASI)

Sebuah Ulasan Cerpen

Membaca cerpen Betina yang Tak Habis Dimakan Ular (Majalah Horison edisi November 2010 halaman 22-25) karya Ach. Nurcholis Majid kita diajak menelusuri dunia ibu yang penuh teka-teki, kadang membanggakan kadang pula mengecewakan.
Latar belakang pesantren membuat penulis cerpen ini menulis cerpen dengan gaya khas.
Ilmu agama pun disisipkan di dalamnya, semisal doa Ibu lebih makbul daripada doa tiga Ayah (hal,23).
Cerpen ini juga menyibak hikmah tentang kehidupan seorang bunda, yang tingkah lakunya tidak dimengerti seorang anak. Utamanya, ketegasan seorang ibu dalam mengusir anak kandungnya dari rumahkarena telah membunuh seorang lelaki bejat (sebutan Ular oleh penulis) yang telah bermain cinta dengan betina (sebutan penulis ketika seorang ibu melakukan amoral,bermanja-manja dengan lelaki hidung belang), seorang anak memaknai pengusiran tersebut sebagai puncak kemarahan atas keberanian anak menghentikan kemesraan seorang ibu bercinta dengan laki-laki lain (betina mengusirku. Sama sekali dia tidak punya perasaan,hal,24)sedangkan seorang ibu memiliki tujuan baik di balik pengusirannya, argumen ini bisa ditemukan di halaman 25 yakni surat Ibu untuk anaknya bernama fakhry.
Di akhir cerita saat seorang anak sadar bahwa seorang Ibu memiliki dunia yang penuh teka-teki akhirnya tokoh aku pun menyesal dan ingin memeluk tokoh ibu yang kadang dianggap betina saat bermesraan bersama ular (sebutan untuk laki-laki nakal).
Demikian sudut pandang yang bisa saya ulas,tentunya pembaca akan memiliki sudut pandang yang lain setelah membaca tuntas cerpen tersebut. Untuk sahabatku Nurcholis selamat atas cerpenmu yang telah dimuat jangan berhenti berkarya.Ok!

Kamar Hati,7 Nov 2010

Tidak ada komentar: